Jumat, 25 November 2011

Rida

Rida

1. Pengertian sikap rida

Sikap rida merupakan sikap yg terpuji. Kata rida artinya dapat disamakan dg rela atau ikhlas, tulus hati, suci, murni. Pengertian ikhlas menurut istilah adalah mengerjakan sesuatu perbuatan yg baik dg niat hanxa karena Allah Swt. dan hanya mengrarapkan ridha-Nya. Sikap ikhlas senantiasa harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap rida dapat diwujudkan di antaranya sebagai berikut.


A. Rida kepada Allah Swt.


Rida kepada Allah Swt. berarti menerima dg sepenuh hati bahwa Allah Swt. adalah tuhan sekalian alam yg harus kita sembah dan tidak menyekutukan-Nya.


B. Rida kepada agama Allah Swt.


Rida terhadap agama Allah Swt. berarti menerima dg sepenuh hati agama Allah Swt. yg berisi aturan-aturan yg harus kita laksanakan dengan sepenuh hati dan larangan-larangan yang harus kita tinggalkan dengan penuh keikhlasan.


C. Rida terhadap ketetapan Allah Swt.


Rida terhadap ketetapan Allah Swt. berarti menerima dg sepenuh hati segala ketetapan Allah Swt. yang berupa rezki, cobaan, jodoh, dan lain-lain dg penuh rasa syukur, serta menjalaninya dg sabar dan selalu berharap hanya kepada Allah Swt.



Sikap ikhlas berhubungan dg niat seseorang ketika mengerjakan suatu, pekerjaan.

Ikhlas atau tidaknya seseorang berniat melakukan sesuatu pekerjaan sangat ditentukan oleh niatnya. Apabila seseorang berniat melakukan sesuatu karena Allah Swt. dan mengharapkan rida-Nya, maka hatinya berarti ikhlas. Sebaliknya apabila niatnya bukan karena Allah dg mengharap pujian, sanjungan dan imbalan Berarti hatinya tidak ikhlas.


Keutamaan orang yang bersikap rida adalah . .

1. Memperoleh ketentraman dan kebahagiaan di dunia maupun akhirat.
2. Memiliki semangat dan sungguh-sungguh dalam menjalankan kebaikan.
3. Sabar dalam menjalani cobaan.


2. Contoh perilaku ridha

A. Menjalankan dan beribadah kepada Allah Swt.
B. Sabar dalam menghadapi cobaan.
C. Selalu berharap kepada Allah Swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar