Jumat, 25 November 2011

Adil menurut bahasa

Adil

Adil menurut bahasa berarti teguh atau lurus. Menurut kamus besar bahasa indonesia, adil berarti tidak berat sebelah atau tidak memihak,sedangkan menurut istilah adil adalah suatu sikap yg menunjukan ketegasan dalam mengambil keputusan. Adil dalam pengertian usul fikih bisa berarti meletakkan sesuatu sesuai dg tempatnya.
Perbuatan adil merupakan salah satu perbuatan wajib dilakukan oleh orang muslim.

Allah berfirman

'' sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberh (pertolongan) kepada kaum kerabat dan Allah melarang dari perbuatan keji dan mungkar dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kamu agar kamu dapat pengajaran''
(Q.S. An-nahl, 16:90)


Adil kepada Allah Swt.


Sebagai mahluk ciptaan-Nya, kita harus berlaku adil kepada Allah Swt. Dg cara menjalakan segala perntah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah Swt. Memberikan tuntunan berupa agama sebagai pegangan hidup. Di dalamnya ada perintah-perintah yg harus dilaksanakan dan larangan-larangan yg harus dijauhi. Manusia yg adil harus beriman kepada Allah Swt. dan tidak menyekutukan-Nya dg sesuatu pun, serta menjalankan agamanya dg penuh keikhlasan.


Adil kepada diri sendiri


Adil kepada diri sendiri adalah memperlakukan dirinya dg semestinya menjaga jasmani dan rohaninya agar senantiasa baik. Menjaga jasmaninya dg memberikan apa yg dibutuhkan oleh tubuhnya agar senantiasa sehat dan tidak merusaknya dg sesuatu yg bisa merusakkan tubuhnya. Rohani juga perlu dijaga dg siraman-siraman rohani, menuntut ilmu supaya bertambah pengetahuan dan senantiasa menjaga kehormatan dg tidak melakukan perbuatan-perbuatan yg merusak citra dirinya di hadapan Allah Swt. dan makhluk-makhluk di sekelilingnya



Adil terhadag orang lain


Adil terhadap orang lain adalah berlaku adil kepada orang lain baik kepada kerabat, teman, tetangga dan semuanya orang yg berhubungan dg kita. Kita harus menghormati hak-hak orang lain dan tidak merugikannya.


Adil terhadap alam sekitar (sesama makhluk)


Adil terhadap alam sekitar adalah memandang alam sebagai ciptaan Allah Swt. yg harus dijaga apabila hilang keseimbangannya maka akan terjadi bencama alam.



Contoh perilaku adil


A. Menjalankan perintah Allah Swt. Dg mengerjakan sholat lima waktu. Sebagai salah satu bukti sikap kita bersikap adil kepada Allah Swt.


B. Menjaga kesehatan dg berolahraga dan memakan makanan yg bergizi sbagai salah satu tanda sikap adil kepada Allah Swt.


C. Tolong-menolong dg tetangga dan berbakti terhadap orang tua dan memberikan hak-hak mereka sebagai salah satu sikap adil kita terhadap sesama.

D. Membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu contoh berbuat adil terhadap alam sekitar.

Hikmah berbuat adil


A. Orang yg berbuat adil akan mendapat pahala Allah Swt.

B. Orang yg berbuat adil akan dicintai Allah Swt. Dan rasul-Nya.
C. Orang yg berbuat adil akan dicintai sesamanya
D. Orang yg berbuat adil akan memiliki hati yg baik
E. Sikap adil menimbulkan akhlak yg mulia
F. Mendapatkan ketenangan dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar